by

Subadri Hadiri Rapat Pembahasan Aset Pemekaran Kab Serang Kepada Kota Serang Yang di Pimpin KPK RI

PerdanaNews Pandeglang – Serang, Kamis (23/7/2020). Wakil Wali Kota Serang Subadri Ushuludin di dampingi Sekretaris Daerah Kota Serang Tb. Urip Henus, Kepala Inspektorat Kota Serang Yudi, Kepala BPKAD Kota Serang Wahyu melakukan Rapat Pembahasan Aset Pemekaran Kab Serang kepada Kota Serang yang di pimpin langsung tim Koordinasi Supervisi Pencegahan (Korsupgah) KPK RI, bertempat di ruang rapat Inspektorat Provinsi Banten.

Baca Juga : Hari Anak Nasional 2020 Walikota Serang Jadikanmomentum Perlindungan Anak di Masa Pandemi

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah diantaranya mengatur pengalihan kewenangan urusan kabupaten/kota ke provinsi. Dalam penyerahan urusan tersebut termasuk juga di dalamnya pengalihan aset tetap yang terkait dengan kewenangan yang diserahkan. Pengalihan aset tetap lebih lanjut diatur dalam Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri 120/253/Sj Tanggal 16 Januari 2015. Menurut surat edaran tersebut penyerahan dengan berita acara termasuk aset tetap harus dilakukan paling lambat 1 bulan kedepan untuk menyatakan kesepakatan MOU.

Dalam surat edaran tersebut juga diatur mengenai keharusan adanya keputusan bupati/walikota mengenai pemekaran aset tetap di lakukan sampai saat ini.

Permasalahan yang timbul adalah waktu pengalihan aset tetap tersebut dicatat dalam neraca baik pada kabupaten/kota maupun pemerintah provinsi.

proses yang dilakukan oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dan adanya masalah yang timbul atas pengakuan, pengukuran, dan pengungkapan pada laporan keuangan pada pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Di dalam BAST dinyatakan bahwa pemekaran baru efektif sejak tahun 2010 pada tahap 1 dan tahun 2017 pada tahap 2. Hal ini dilakukan karena kemungkinan masih ada pengeluaran yang terkait dengan aset tetap yang bersangkutan masih berlangsung sampai dengan hari ini 23 Juli 2020. Oleh karena itu di kabupaten/kota, aset tetap yang bersangkutan belum dikeluarkan dari neraca. (Tu Pimpinan dan Protokol Pemkot Serang)

Aset Pemekaran Kab Serang,Aset Pemekaran Kab Serang

PERDANANEWS