by

DINAS PERIKANAN PANDEGLANG MELEPASLIARKAN LOBSTER HASIL BUDIDAYA KE LAUT LEPAS

Pandeglang.perdanaNews.com Pandeglang – Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang berkomitmen mendukung upaya pemerintah pusat dalam pelestarian ekosistem perikanan.

Baca Juga : Iman Brotoseno Jadi Dirut TVRI

Salahsatunya dengan mendukung upaya pelepasliaran Lobster yang dilakukan oleh PT. Royal Samudera Nusantara kemarin di Perairan Liwungan Kecamatan Panimbang (27/5).

Kepala Dinas Perikanan (Kadiskan) Drs. Suae’di Kurdiatna, M.Si sangat bersyukur aktivitas pelepasliaran Lobster dapat dilakukan oleh PT. Royal Samudera Nusantara, diharapkan dengan adanya beberapa perusahaan yang bergerak dibidang lobster ini, lebih mamacu Pembudidaya untuk melakukan budidaya lobster di Kabupaten Pandeglang demi menghindari ancaman kepunahan, menjaga keseimbangan alam serta menambah populasi lobster.

Foto dokumentasi Dinas Perikanan Pandeglang

“Dengan pelepasliaran lobster ke laut lepas diharapkan sumber daya ikan tersebut dapat tetap terjaga sampai anak cucu kita dan budidaya lobster ini menjadi Ikon di Kabupaten Pandeglang,” ujarnya.

Kadiskan juga menambahkan, Lobster merupakan salah satu komoditas perikanan laut yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Untuk memanfaatkan peluang semakin tingginya nilai ekonomi lobster dan semakin besarnya permintaan lobster dipasaran global, maka Pengusaha dan Pembudidaya Lobster di Kecamatan Panimbang semakin tekun dalam melakukan budidaya.

Foto : Dokumentasi dinas perikanan pandeglang

Sejauh ini pembudidaya menggunakan Benih dari Nelayan dimana Potensi benih lobster tersebar di beberapa Kecamatan khususnya Sumur, Cimanggu dan Cikeusik.

Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Iik Syakhabyatin, S.Pi mengatakan bahwa Pelepasliaran ini berdasarkan Permen KP No. 12 tahun 2020 tentang Budidaya Lobster bahwa salahsatu komitmen yang harus dimiliki oleh pembudidaya atau Perusahaan harus mengembalikan 2% dari hasil budidayanya khususnya Lobster ini ke Alam yang merupakan Habitat aslinya.

Sesuai dengan permen tersebut maka kemarin PT. Royal Samudera Nusantara Melepasliarkan Lobster hasil budidayanya dan pelepas liaran lobster ini merupakan kegiatan pertama diselenggarakan di Kabupaten Pandeglang, bahkan di Indonesia setelah Permen KP No. 12 ditetapkan.

Ditambahkan, wilayah pelepasliaran lobster dilakukan di perairan Pulau Liwungan mengingat lautnya berkarang dan berpasir putih yang sangat cocok bagi habitat lobster jenis Pasir, Mutiara, ataupun Pakistan dan Batu. *Ars

PERDANANEWS